Kecamatan Ganeas , Kabupaten Sumedang

Selasa, 27 Desember 2016

Keadaan Ekonomi


Kondisi perekonomian masyarakat Desa Sukaluyu cukup baik karena di tunjang oleh kondisi alam serta letak geografis wilayah yang mendukung bagi perekonomian masyarakat desa yang sebagian besar bergerak di sector pertanian dan peternakan. Ketersediaan air meski jadi pembatas untuk sebagian wilayah tidak menjadikan hambatan bagi masyarakat Desa Sukaluyu dalam membangun perekonomian desanya. Secara keseluruhan mata pencaharian penduduk  Desa Sukaluyu dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

Tabel
Mata Pencaharian Pokok Penduduk Desa Sukaluyu
Sumber : Pemerintah Desa Cikoneng
Dari table di atas dapat diketahui bahwa mata pencaharian masyarakat Desa Sukaluyu sebagian besar adalah buruh tani yaitu 196 orang, maupun buruh Swasta sebanyak 63 orang, peternak 369 orang dan petani sebanyak 865 orang kemudian selebihnya pedagang sebanyak 25 orang. Pegawai Negeri Sipil 24 orang serta montir dan pengrajin yaitu 4 dan 0 orang. Dari 1.163 kepala keluarga (KK) dengan rumah yang ada sebanyak 953 Rumah terdiri dari 883 rumah Permanen, 35 semi permanen dan 35 rumah panggung. Luas tanah yang dimiliki Desa Sukaluyu 262 Ha terdiri dari sawah 126,76 Ha, Ladang 102,68 Ha, Kolam 3,2 Ha, Pemukiman perumahan 29,84 Ha, perkuburan 1,020 Ha, dan Perkantoran 0,107 Ha. Hal lain untuk mengetahui tingkat social suatu masyarakat dapat dilihat dari tingkat pendidikannya, tabel di bawah ini menunjukan komposisi pendedek Desa Sukaluyu berdasarkan tingkat pendidikan :

Tabel
Komposisi Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan
Indikator lain tentang kemajuan social budaya adalah tingkat pendidikan, di mana bila jumlah penduduk pada suatu desa telah menyelesaikan tingkat pendidikan sekolah dasar (SD) atau sederajat lebih dari 90%, ini berarti tingkat pendidikan di desa tersebut digolongkan tinggi.Tingkat pendidikan di Desa Sukaluyu dilihat dasar atau lebih baru mencapai 70,82%.
Perekonomian yang ada di Desa Sukaluyu antara lain : 2 Buah Restoran, 5 Buah Kios Sawo, warung kelontong, Usaha perikanan, Pedagang menyerap tenaga kerja sekitar 10%, Simpan Pinjam ( Raksa Desa dengan anggota 500 orang, SPP 1 Kelompok 7 orang).
  
Tabel
Sumber Penerimaan Desa

Dari table tersebut diatas dapat di simpulkan bahwa :
  1. Penerimaan Pajak, mulai tahun 2007 s/d 2008 mengalami peningkatan. Peningkatan dari tahun 2007 ke tahun 2008 adalah sebesar 10%, sedangkan dari tahun 2008 ke tahun 2009 adalah sebesar 0,19 %. Adapun penyebab dari peningkatan penerimaan pajak selama tahun 2007 s/d 2009 adalah sebagai berikut :
    • Bangunan baru / rumah bertambah.
    • Kenaikan tarif.
  2. Tanah Kas Desa (Pengangonan) disewakan kepada masyarakat untuk ditanami Tanaman pangan, harga sewa tiap tahun meningkat untuk menyesuaikan terhadap perkembangan ekonomi,
  3. ADD atau Alokasi Dana Desa adalah Dana APBD Kabupaten besaran dana tiap tahun bisa berubah sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List